3 Jenis Buah Untuk Mempercepat Penyembuhan DBD
3 Jenis Buah Untuk Mempercepat Penyembuhan DBD
alat pengukur jumlah trombosit

Demam Berdarah Dengue (DBD) 3 Jenis Buah Untuk Mempercepat Penyembuhan DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue/ demam melalui perantara gigitan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus yang sangat cepat menular.

Baca Juga : 3 Nyamuk Bahaya yang bisa menyebabkan kematian

Gejala demam berdarah / DBD pada umumnya yaitu dia akan timbul 4 -7 hari sejak gigitan nyamuk tersebut dan akan berlangsung selama 10 hari. Adapun tanda gejala yang lain yaitu ;

1. Demam tinggi sampai 40 derajat celsius

2. Nyeri pada otot, sendi dan tulang

3. Nyeri pada bagian belakang mata

4. Bagian kepala terasa berat

5 . Nafsu makan menurun /bahkan tidak ada

6. Mual dan muntah

7. Kerusakan dibagian pembuluh darah dan getah bening

8. Terjadi pendarahan dibagian hidung, gusi dan dibawah kulit

9. Setelah demam ruam kemerahan terjadi selama 2 -5 hari

10. Terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening

Berikut ini 3 Jenis buah yang direkomendasikan para ahli dokter untuk mempercepat penyembuhan demam berdarah ;

1. Jambu biji

Trombosit orang normal berkisar antara 150.000/mikroliter hingga 450.000/mikroliter, jika terjadi trombosit terus turun hingga dibawah 20.000/mikroliter maka kondisi ini sangat membahayakan bagi tubuh.

Kandungan jambu biji dengan flavonoid jenis kuersetin dipercaya dapat menghambat virus dengue dan mencegah pendarahan akibat rusaknya trombosit.

2. Sari kurma

Sari kurma berasal dari perasan dari buah kurma yang mana buah ini banyak mengandung vitamin seperti vitamin B1, B2, B3, B5 A, C dan juga mineral seperti zat besi, kalsium, fosfor, potasium, magnesium, dan zink.

Sari kurma dengan kandungan vitaminya banyak bermanfaat membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit terutama DBD , menaikkan trombosit serta meningkatkan nafsu makan akibat demam berdarah tersebut.

3. Daun Pepaya

Daun pepaya kaya akan enzim seperti papain dan chymopapain dan beberapa nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, dan B dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi.

Para ahli kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi daun pepaya yang sudah diolah menjadi jus bertujuan untuk meningkatkan jumlah trombosit untuk penyakit DBD serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

sumber : halodoc dan beberapa situs kesehatan lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,