3 Nyamuk Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Kematian

Nyamuk 3 Nyamuk Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Kematian merupakan hewan serangga yang termasuk dalam ordo Diptera (lalat) sering dikenal dengan sebutan “mosquito“, berasal dari bahasa Spanyol atau Portugis yang berarti lalat kecil. Pada umumnya nyamuk betina perlu mengisap darah untuk mendapatkan protein yang diperlukan sedangkan nyamuk jantan tidak pernah menghisap darah.

1. Aedes Aegypti

3 Nyamuk Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Kematian
trubus.id

Ciri nyamuk ini tubuh berukuran sedang berwarna hitam kecoklatan dan mempunyai loreng putih di bagian tubuh sampai kaki atau tungkainya dapat terbang hingga 100 meter.

Nyamuk tersebut biasanya bersarang dan bertelur di tempat gelap dan lembab yang terdapat genangan air bersih seperti di bak mandi, kaleng bekas, wadah penampungan air bersih, dan tempat minum hewan peliharaan

Aedes Aegypti ini aktif menghisap darah pada pagi dan sore hari, yang mana membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah / DBD, zika, chikungunya, dan demam kuning.

2. Aedes Albopictus

3 Nyamuk Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Kematian
wordpress

Ciri fisik sama seperti nyamuk Aedes Aegypti namun perbadaannya terletak di ukuran tubuh yang lebih besar dan memliki kemampuan terbang 400 sampai 600 meter.

Nyamuk Aedes albopictus ini biasanya bersarang dan bertelur di kebun atau perkarangan rumah seperti di lubang pohon, tempurung kelapa dan di pagar rumah.

Nyamuk kebun ini membawa virus dengue dan lebih aktif daripada Aegypti suka mencari makan pada siang hari selain di waktu senja dan fajar. Bahayanya nyamuk ini di anggap sebagai vektor potensial untuk penularan Zika atau penyakit demam diantara manusia termasuk virus demam kuningdemam berdarah, dan Chikungunya

3. Anopheles

3 Nyamuk Berbahaya Yang Bisa Menyebabkan Kematian
infravec2

Memiliki ciri fisik ukuran tubuh kecil bewarna hitam, bentuk sayapnya yang simetris dan memiliki antena yang lebih pendek dari tubuhnya dapat terbang dalam jarak 350 sampai 550 meter.

Habitat nyamuk ini biasanya di rawa – rawa , genangan air kotor, saluran air, tumpukan sampah dan tempat kotor lainnya.

Mencari makan aktif di malam hari biasanya siklus hidup nyamuk jantan rata rata 7 hari dan nyamuk betina rata rata 1 bulan. Jenis 3 nyamuk berbahaya ini merupakan sumber penyakit malaria yang menyebabkan kematian, berdasarkan data WHO pada tahun 2015 ada 214 juta orang terinfeksi malaria dan 430 ribu diantaranya meninggal dunia akibat dari nyamuk ini.

baca juga : 6 buah yang kaya akan vitamin dan ampuh mencegah

sumber : kemenkes RI dan Wikipedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,