7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara

Setelah kita menjalani ibadah puasa selama satu bulan kini umat Islam merayakan hari kemenangan di Indonesia Ketupat dan opor ayam menjadi menu utama untuk jamuan lebaran di rumah-rumah Lalu bagaimana dengan hidangan lebaran di negara lain. Berikut 7 Menu khas lebaran di berbagai Negara :

Siup Mie La Mian dari Tiongkok.

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
cookpad

Mie La Mian atau Mie Tarik merupakan salah satu menu makanan yang wajib ada pada saat lebaran bagi masyarakat Tiongkok. Bagi Mereka Mie tarik merupakan perlambang panjang umur seperti namanya dan Mie Tarik Mie La Mian juga merupakan mie buatan tangan yang sangat panjang perlu keahlian khusus untuk membentuk gumpalan tepung menjadi mie yang lentur dan panjang, mie ini biasanya disajikan dengan sup daging sapi atau domba dengan pilihan rasa yang beraneka ragam sebagian orang menyajikan Mie La Mian dengan cara digoreng dengan topping saus tomat.

Kari Chapati dari Bangladesh.

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
idtimes

salah satu negara yang memiliki hidangan khas lebaran adalah Bangladesh penduduk di negara ini sangat menyukai makanan pedas karena itu ketika lebaran hidangan khas mereka juga merupakan makanan pedas yaitu kari Chapati. Makanan ini terbuat dari kacang polong, kentang dan telur dengan tambahan santan dan rempah-rempah lokal Bangladesh. Kari Chapati ini selalu hadir disetiap lebaran dan lebih aman bagi Anda yang sedang diet meskipun mengandung santan dalam kari tetapi tidak ada daging yang dimasukkan jadi kalorinya lebih sedikit.

Gulha dan Kulhi Boakibaa dari Maldives

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
soulscape

Negara Maldives kaya dengan hasil laut yang melimpah sehingga makanan khas lebaran merekapun tak lepas dari hasil laut yaitu Gulha dan Kulhi Boakibaa makanan khas lebaran yang wajib ada di setiap rumah ketika lebaran tiba. Gulha adalah jenis kue bola yang terbuat dari ikan tuna, kelapa parut, bawang dan cabai. Gulha dijadikan sebagai makanan ringan ketika berlebaran. Dahulu ikan yang dijadikan bahan Gulha bisa berbagai macam ikan namun sekarang Sebagian besar masyarakat menggunakan ikan tuna. Gulha menjadi makanan ringan dan Kulhi Boakibaa adalah menu utamanya yang terbuat dari nasi dan ikan tuna yang dibentuk seperti pizza.

KAAK dari Tunisia

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
travelingyuk.com

Seperti di Indonesia Masyarakat Tunisia juga mempersiapkan sajian khas lebaran dari beberapa hari sebelumnya dan salah satu menu khas dan wajib di Tunisia adalah Kaak. Makanan yang satu ini sudah ada dari zaman Mesir kuno bentuknya bundar berisi kacang dan bertabur gula meskipun rasanya manis namun makanan ini rendah kalori dengan kandungan protein yang tinggi.

SHEER KHURMA dari Pakistan

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
Yummefy

Buah Khurma merupakan makanan favorit umat Islam jika Ramadhan dan lebaran tiba tetapi di Pakistan buah kurma dijadikan puding yang dicampur dengan bihun dan buah-buahan lainya yang mereka namakan Sheer Khurma . Sheer Khurma merupakan makanan khas lebaran mereka yang biasa disantap pagi hari setelah salat Idul Fitri dan juga siang hari saat tamu tamu berkunjung. Dalam Bahasa Urdu Sheer Kurma sendiri memiliki arti kurma dan susu.

BAKLAVA dari Turki

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
IDN Times

Tradisi Lebaran bukan hanya sekedar hari raya besar agama islam tetapi juga festival gula. Saat lebaran konsumsi gula orang Turki agak meningkat jika rata-rata 1 orang Turki mengkonsumsi 1 kg gula dalam sebulan pada saat lebaran menjadi dua setengah kg salah satu makanan khas yang wajib dihidangkan adalah Baklava. Baklava biasanya disajikan dengan piring besar dan seperti biasa untuk menambah rasa manis masyarakat Turki menyantap baklava dengan menambah sirup dan madu di atasnya.

HALEEM dari India

7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara
Caleidoscope

Haleem merupakan sebuah hidangan khas lebaran yang membutuhkan waktu cukup lama untuk mengolahnya. hidangan ini berbahan daging domba, gandum, lentil, butter, jahe dan bawang putih hidangan ini melalui proses memasak selama 10 jam agar rasa manis dan asin bisa tercipta. Secara tradisional haleem dimasak di api kecil dengan kayu bakar untuk memasaknya dan harus diaduk terus dengan kayu dan membutuhkan 2 orang untuk mengaduk nya Hingga teksturnya lengket dan halus. Untuk penyajiannya lebih enak di hidangkan selagi panas, bawang goreng dan perasan jeruk nipis Ditambahkan sebagai pelengkap ada juga menambahkan hiasan irisan telur si atasnya.

Demikian Beberapa 7 Menu Khas Lebaran di Berbagai Negara. Setiap negara memiliki ciri khas tersendiri dalam merayakan lebaran idulfitri karena ini merupakan unsur pelengkap untuk meramaikan suasana lebaran namun yang paling penting adalah silaturahmi dan kehangatan keluarga yang terjalin di hari yang Fitri untuk saling bermaaf-maafan membuka lembaran baru dalam Minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *