Bahaya cotton bud !! Cara Bersihkan Telinga yang Aman

Pada umumnya Bahaya cotton bud !! Cara Bersihkan Telinga yang Aman Kotoran telinga atau cerumen itu disebabkan oleh penumpukan hasil dari kelenjar minyak yang ada di telinga dan dicampur dengan debu-debu yang ada di sekitar,

akan tetapi fungsinya itu sebagai penghalang bakteri yang masuk, penghalang benda asing seperti binatang atau debu-debu, ataupun air yang akan masuk ke telinga.

Bahaya cotton bud !! Cara Bersihkan Telinga yang Aman
easyfirststep

Bahaya membersihkan telinga menggunakan cotton bud atau benda keras lainnya

bersihkan telinga menggunakan cotton bud apalagi benda keras secara medis tidak dianjurkan karena hal itu membuat kotoran didalam telinga akan semakin masuk kedalam dan kalau misalkan menggunakan benda keras kemungkinan akan terjadi cedera di gendang telinga sehingga membuat gendang telinga berlubang ataupun infeksi.

Apabila anda sudah terlanjur menggunakan cotton bud sehingga kotoran itu semakin masuk kedalam maka solusinya anda bisa menggunakan obat tetes telinga yang bisa anda beli di Apotek atau toko obat, fungsinya untuk mengencerkan kotoran didalam telinga dan akan keluar dengan sendirinya dengan memiringkan kepala.

dan apabila kapas dari cotton bud itu tertinggal didalam terlinga maka segera untuk mengkonsultasikan ke dokter THT (spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggororokan ) supaya kapas didalam telinga itu diambil dengan menggunakan alat THT.

Cara membersihkan telinga dengan baik dan benar

Sebaiknya jangan mengorek-ngorek membersihkan kotoran telinga menggunakan cotton bud atau benda keras lainnya, karena secara fisiologis tubuh akan mengeluarkan kotorannya itu sendiri pada saat mengunyah, saat makan tiap hari, melalui gerakan mengunyah itulah akan mengeluarkan kotoran telinga secara otomatis tetapi tidak langsung menggumpal hanya sedikit demi sedikit berupa minyak.

Menggunkan obat tetes telinga berfungsi melunakkan gumpalan sehingga mudah dikeluarkan dan anda juga bisa menggunakan obat tetes telinga yang mengandung hidrogen peroksida, minyak bayi (baby oil) atau gliserin.

Baca juga : cara mengatasi pilek dan batuk pada Bayi

kalau anda tipe-tipe orang yang memang cerumen atau kotoran telinga nya itu kering ataupun menggumpal itu tidak bisa hanya dengan mengunyah ataupun menggunakan tetes telinga maka solusi baiknya anda langsung ke dokter THT untuk dilakukan penghisapan atau membersihkan kotoran telinga tersebut dengan menggunakan alat dari THT itu sendiri.

sumber : wikipedia dan youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,