Cara Menyimpan Daging kurban yang Awet dan Sehat
Cara Menyimpan Daging kurban yang Awet dan Sehat
bengalmeat

Hari Raya Idul Adha Cara Menyimpan Daging kurban yang Awet dan Sehat identik dengan hari raya qurban yang mana pada perayaan hari raya tersebut penyembelihan hewan qurban dilaksanakan setelah selesai sholat idul Adha. Adapun hewan yang bisa di kurbankan berupa sapi, kambing, kerbau, domba ataupun unta.

Kebanyakan masyarakat menerima daging kurban tak langsung mengolahnya, ada sebagian daging untuk diolah langsung dan sisa daging disimpan. lantas bagaimana cara menyimpan daging kurban yang sehat dan benar baik itu mentah ataupun sudah matang?

1. Jangan mencuci Daging langsung

Sebelum daging kurban akan disimpan dalam kulkas atau freezer, sebaiknya jangan mencuci daging kurban terlebih dahulu,dikarenakan daging yang sudah terkena air akan menyerap dan akan membuat proses pembusukan daging.

Sekirannya bagian daging terdapat kotor maka sebaiknya dipotong atau disisir supaya bersih pada bagian tersebut.

2. Bungkus daging dengan kantong plastik

Daging kurban yang didapat berkilo kilo akan membuat ruang sempit pada kulkas atau chiller untuk disimpan, maka sebaiknya potonglah daging sesuai kebutuhan atau bisa juga dicincang menjadi bagian potongan kecil terlebih dahulu untuk dibungkus kedalam kantong plastik.

3. Hindari Memasukan Daging kembali

Daging yang sudah dikeluarkan dari pendingin harus dimasak semua dan jangan dimasukin lagi sisa bagian potongan tersebut kedalam pendingin, karena itu akan membuat sisa potongan daging akan menjadi sampah atau protein dalam daging mati.

4. Jangan bersihkan daging dengan air panas

Jika anda ingin membersihkan daging yang sudah di keluarkan dari freezer atau pendingin maka hindari membersihkan dengan air panas sebaiknya daging disimpan dalam ruang tertentu atau bisa di masukan dalam microwave terlebih dahulu untuk proses defrost

5. Jangan menyimpan daging dibawah suhu -10 dejarat celcius

Menurut ahli gizi dan sehat Ir. Hj. Komariah, MSi dkk, pembekuan telah diakui sebagai suatu cara yang sangat baik untuk pengawetan daging.

Daging segar yang dimasukan dalam chiller bertahan 3 hari sedangkan daging yg dimasukan dalam freezer atau kulkas bisa bertahan sampai 1 tahun. Pembekuan pada temperature di bawah –10 derajat Celsius, akan mengakibatkan daging sebagian besar kerusakan karena aktivitas mikroba dan enzim berkurang.

baca juga : cara membuat jus mangga yang sehat dan enak

sumber : cnnindonesia dan kompasmedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,