Fakta Dibalik Turun Hujan Yang Belum Kita Ketahui

Hujan Merupakan Berkah dari Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan salah satu yang paling penting untuk kehidupan Mahluk hidup termasuk manusia, hewan dan tumbuhan di muka bumi ini . Meski kita sudah terbiasa dengan turunnya hujan namun banyak suatu Fakta Dibalik Turun Hujan Yang Belum Kita Ketahui padahal hujan juga mempunyai sisi yang menarik dan unik. Seperti apakah fakta hal tersebut :

Fakta Dibalik Turun Hujan Yang Belum Kita Ketahui
Fakta Dibalik Turun Hujan Yang Belum Kita Ketahui

1. Ada Aroma yang khas pada saat hujan.

mungkin kalau kita sadari pada saat hujan turun kita mencium aroma khas yang tiba – tiba tercium. Tapi tahukah itu Aroma apa ? Menurut para Ahli Aroma tersebut adalah Petrichor yang mana membuat sebagian orang Nyaman dan tenang di saat turun hujan. Aroma tersebut merangsang indra penciuman dan diterjemahkan oleh dua area otak yaitu Amygdala dan Hippocampus yang bisa mengatur emosi dan memory sehingga banyak orang ketika turun hujan menjadi melo / mengingat kenangan masa lalu.

2. Orang Cinta sekali dengan Hujan

Tahukah Anda bahwa ada orang sangat suka dan mencintai sekali kalau hujan turun. Orang ini di kenal dengan sebutan Pluviophile. Pluviophile akan sangat senang ketika akan turun hujan maupun ketika awan masih mendung tingkat kecintaan mereka terhadap hujan sangat tinggi berbeda dengan orang biasanya yang ketika hujan kadang kala kita merasa khawatir dan risih disaat hujan turun namun Seorang Pluviophile akan merasakan kedamain dan kebahagian di kala hujan turun terkadang pula mereka keluar untuk bermain hujan hujanan.

3. Takut Berlebihan terhadap Hujan

Jika ada orang yang sangat suka dengan turun hujan maka orang ini adalah kebalikan hal tersebut. Orang ini dikenal dengan nama Pluviophobia. Pluviophobia menganggap bahwa hujan dan mendung akan membawa dampak suatu bencana yang akan menimpa dirinya bahkan ketika hendak mendengar petir mereka akan berlindung sembunyi dan tampak merasa cemas sekali.

4. Hujan dan Panas bersamaan

Bagi sebagian dari kita pernah melihat disaat hujan turun ada matahari yang masih bersinar. Mungkin Fenomena itu kita mengkaitkan dengan mitos bahwa ada seorang tokoh penting yang meninggal, namun ternyata fenomena tersebut adalah gejala alam yang disebut Sun Shower. Fenomena Sun Shower disebabkan oleh angin disaat terjadi hujan badai yang menerbangkan butiran hujan ketempat yang sedang tidak berawan dan juga disebabkan oleh awan yang letaknya tinggi dari langit sebelum hujan turun.

5. Memiliki musim Hujan 350 hari Pertahun.

Jika di Indonesia ada musim hujan dan musim kemarau namun demikian ada tempat dimana yang hanya ada musim hujan saja . Tempat tersebut bernama Gunung Waialeale di Kauai Hawaii memiliki 350 hari hujan setiap tahunnya jadi tak mengherankan jika tempat dengan titik tertinggi kedua di Pulau kauai ini menjadi hutan hujan yang sangat licin karena menjadi tempat terbasah ke-2 di Hawaii sehingga setiap hari terus diguyur hujan.

6. Hujan dijadikan Mata Uang Negara

Negara bernama Republik Botswana sebagai sebuah negara di Afrika bagian Selatan yang terkurung oleh daratan ternyata memiliki keunikan di mata uang yang dipakainya. Pasalnya saat ini mata uang yang dipakainya adalah Pula dan jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti hujan-hujan.

7. Butiran Air Hujan

Mungkin kita menyangka bahwa hujan yang turun di Bumi ini berbentuk tetesan air mata namun nyatanya tetesan hujan yang berbentuk seperti itu hanya saat turun meninggalkan awan tapi saat jatuh butiran hujan yang agak besar bentuknya itu akan berubah dan lebih menyerupai setengah bola pipi atau seperti roti hamburger. Perubahan bentuk diakibatkan karena Gaya tekanan udara pada permukaan bagian bawah tetesan air hujan yang sedang jatuh ke bumi. Gaya tekan yang berlawanan dengan arah turunnya hujan menyebabkan ratanya permukaan bawah tetesan air hujan dan selama perjalanannya dari awan hujan hingga menuju Tanah, butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.

8. Hujan di Planet Bumi berbeda dengan Hujan di Planet lain.

Kita tentu sudah terbiasa jika hujan yang turun di bumi adalah air , meski sesekali pernah terjadi hujan Es, Tapi Pernahkah kita berfikir apa yang diturunkan hujan di planet lainnya ? menurut beberapa ahli hujan di planet lain itu mungkin terbuat dari Metana, neon dan sulfuric korosif atau besi bahkan hujan di Venus terbuat dari asam sulfat dan di bulan Saturnus Tittan adalah hujan metana.

Itulah beberapa Fakta Dibalik Turun Hujan Yang Belum Kita Ketahui. Semoga menambah wawasan dan Bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *