Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran stress

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran stress
shutterstock

kunyit memang sudah familiar di kalangan masyarakat Indonesia Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran stress karena sering dipakai untuk membuat opor, nasi kuning, minuman kunyit asam dan sebagai zat pewarna alami. Selain itu kunyit juga bermanfaat bagi kesehatan sebagai ramuan obat herbal alami.Hal ini karena mengandung senyawa aktif berwarna kuning yang disebut kurkumin.

Apa saja manfaat kunyit bagi kesehatan tubuh ?

1. Kunyit dapat meredakan nyeri dan demam

kurcumin memiliki kandungan aktif yaitu antioksidan dan zat anti inflamasi yang berguna untuk mengurangi peradangan sehingga dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam, faktanya dalam dosis yang tepat kurkumin bisa menjadi obat anti peradangan yang lebih efektif daripada obat antiinflamasi lainnya seperti Ibuprofen dan aspirin.

2. Mencegah dan mengobati kanker

Banyak penelitian yang diterbitkan menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit dapat memerangi kanker payudara, prostat, hati, usus besar, paru-paru dan pankreas. the truth about canser menunjukkan bahwa penduduk di negara-negara yang mengkonsumsi kunyit sekitar 100 hingga 200 mg per hari dalam jangka waktu lama menunjukkan tingkatan yang lebih rendah terhadap serangan jenis kanker tertentu.

3. menghilangkan rasa nyeri pada haid

Dikutip dari turmeric for help kunyit punya sifat analgetik yang bekerja mengurangi nyeri di beberapa bagian tubuh terutama para cewek untuk menghilangkan rasa sakit ketika datang bulan maka kunyit dapat menghambat produksi Hormon prostaglandin yang menyebabkan peradangan serta nyeri.

4. mengatasi diabetes

kurkumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah untuk membantu mengobati dan mencegah diabetes Tipe 1 dan 2. Anti inflamasi dan antioksidan yang ada pada kurkumin juga dapat menekan kadar insulin serta menstabilkan gula darah dan lemak.

5. menghilangkan depresi stress

kondisi medis yang menyebabkan perasaan sedih atau hilangnya minat untuk melakukan aktivitas tertentu kondisi ini bisa sangat mengganggu penderitanya. Sebuah penelitian tahun 2014 kurkumin pada kunyit terbukti sama efektifnya dengan obat antidepresan, bahwa kunyit dapat mempengaruhi keseimbangan neurotransmiter di otak dan kurkumin juga memiliki efek antidepresan dan ansiolitik yang mampu memodulasi kadar serotonin dan dopamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,