Manfaat Meditasi bagi kesehatan Tubuh, Pikiran dan hati
Manfaat Meditasi bagi kesehatan Tubuh, Pikiran dan hati


Meditasi sendiri berasal dari bahasa latin yaitu Medi Tatum yang berarti merenungkan. Manfaat Meditasi bagi kesehatan Tubuh, Pikiran dan hati meditasi adalah suatu praktek relaksasi yang melatih fokus pikiran dan tubuh untuk mengarahkan dan memusatkan pikiran sehingga menciptakan rasa tenang, damai, pikiran yang jernih, serta meningkatkan konsentrasi.

Meditasi sudah dilakukan sejak ribuan tahun silam yang mana awalnya meditasi dilakukan dengan tujuan mengembangkan pemahaman spiritual dan kesadaran dalam tradisi keagamaan.

Baca juga : manfaat tidur berbaring ke sebelah kanan menurut anjuran nabi dan medis

Di berbagai belahan dunia telah menjalankan meditasi dengan beranekaragam cara misalnya praktek Dhyana / Jhyana dari agama Hindu di India, bhavana meditasi agama Buddha, sufisme tradisi meditasi dari Islam kuno dan praktek kontemplatif dari agama Kristen.

Menurut data National Health Interview survei (NHIS) pada tahun 2017 bahwa meditasi pada orang dewasa di Amerika Serikat dalam 12 bulan terakhir meningkat tiga kali lipat antara tahun 2012 hingga 2017 yaitu dari 4,1% menjadi 14,2% dan meditasi pada anak-anak usia 4 hingga 17 tahun juga meningkat secara signifikan dari 0,6% pada tahun 2012 menjadi 5,4% di tahun 2017.

Manfaat meditasi bagi kesehatan menurut dunia medis

Meditasi sering dikaitkan dengan banyak tradisi agama dan spiritual tapi meditasi dapat dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang latar belakang agama atau budaya. Mereka bahkan dalam dunia psikologi meditasi dilakukan secara independen diluar semua hal yang berhubungan dengan keagamaan atau spiritual.

Berdasarkan dari National Institute of health lebih dari 3 puluh tahun penelitian oleh para medis menunjukkan bahwa praktek meditasi dan relaksasi dapat meningkatkan kesehatan pasien, membuat kualitas hidup lebih baik dan menekan biaya perawatan menjadi lebih rendah.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh dengan melakukan meditasi teratur yaitu mengurangi stres, panik dan cemas, mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik, produktivitas meningkat, memperbaiki suasana hati agar menjadi lebih tenang, menurunkan tekanan darah tinggi sehingga dapat menekan resiko serangan jantung atau stroke, peningkatan fungsi memori otak, mengatasi ketergantungan zat terlarang, radang, usus besar dan nyeri kronis.

Sumber Referensi : Skwadhealth

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,