Penyebab Diare pada Anak ! Begini cara mengatasinya

Bahaya Penyebab Diare pada Anak ! Begini cara mengatasinya. Diare pada anak merupakan perubahan konsistensi tinja pada anak menjadi cair lebih dari 10 cc per kg berat badan selama 24 jam atau frekuensi bab cair pada anak lebih dari tiga kali dalam 24 jam selama 10 hingga 14 Hari.

Penyebab Diare pada Anak ! Begini cara mengatasinya
checkupnewsroom

Penyebab diare pada anak disebabkan oleh adanya infeksi, intoleransi laktosa dan juga adanya reaksi alergi dari minuman dan makananĀ .

1. Infeksi virus, Bakteri dan Parasit

Infeksi diare pada anak bermacam-macam ada yang infeksi virus, bakteri dan parasit. infeksi virus yang paling sering biasanya ditemukan pada virus rotavirus ini biasanya terjadi pada saat perubahan musim ke musim hujan banyak kita lihat anak-anak di luar sana yang pulang kehujanan besoknya diare

sedangkan infeksi bakteri yang paling sering adalah shigella salmonella itu biasanya ditemukan pada makanan dan juga escherichia coli yaitu makanan- makanan kemasan yang kurang higienis biasanya menyebabkan diare pada anak dan infeksi parasit juga bisa ditemukan pada kasus diare pada anak.

2. Laktosa intoleran

laktosa banyak terdapat dalam susu hewani dan produk olahannya, seperti keju, susu, es krim, yogurt, dan mentega. Banyak anak-anak yang kurang cocok minum susu sapi akibatnya setelah minum susu sapi jadi diare.

Manfaat blewah yang belum diketahui orang

3. Alergi dari makanan dan minuman

Makanan yang digoreng dan berminyak, makanan olahan seperti nugget dan sosis, Jus dalam kemasan yang mengandung banyak gula dan Sayuran dan buah-buahan yang memicu gas, misalnya brokoli, kacang-kacangan, jagung. itu juga dapat menyebabkan diare pada anak.

Bahaya diare yang timbulkan pada Anak

Diare pada anak tidak boleh kita sepelekan karena akan menyebabkan resiko dan komplikasi lebih lanjut seperti demam tinggi yang ditimbulkan bisa menyebabkan kejang dan kerusakan otak, mual muntah membuat iritasi pada saluran cerna dan kita takutkan adalah kekurangan cairan pada anak yang menyebabkan anak cepat lelah, gelisah, lesu dan yang paling ditakutkan bisa menyebabkan kematian.

Cara mengatasi Diare pada Anak

Sebaiknya dibawa ke dokter apabila sebagai orang tua sudah melihat tanda tanda anak mulai demam lebih dari 38,5 derajat Celcius yang bisa cek dengan thermometer, makan dan minum sudah mulai menurun atau tidak mau makan tidak mau minum lalu apapun yang masuk ke mulut makanan dan minuman itu dimuntahkan, mual muntah,

dan paling berbahaya apabila sudah ada tanda-tanda kekurangan cairan pada anak seperti anak lemas, gelisah, rewel dan juga tanda-tanda seperti matanya cekung dan tubuhnya tampak lemah.

sumber : skwad health youtube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,