Tanda Stres Kulit ! Kenali Penyebab dan dampak terjadi
Tanda Stres Kulit ! Kenali Penyebab dan dampak terjadi
abestfashion

Stres, Tanda Stres Kulit ! Kenali Penyebab dan dampak terjadi merupakan reaksi biologis terhadap gangguan fisik, emosi, maupun mental yang dapat mempengaruhi daya tahan tubuh terhadap suatu penyakit. Tingkat Stres seseorang juga bisa dilihat dari kondisi kesehatan kulitnya seperti;

1. Jerawat dan berminyak

Stres dapat menyebabkan peningkatan kadar hormon kortisol yang bisa menimbulkan kulit berminyak pada wajah serta membuat kulit berjerawat.

Baca Juga : Cara tepat Mengatasi Stres Kerja Di kantoran

2. Gatal

Salah satu gangguan pada kulit yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh atau sering disebut Psoriasis yang mana ditandai dengan kulit yang bersisik dan kemerahan yang membengkak diikuti rasa gatal atau terbakar.

3. Ruam

Pada saat stres, tubuh menjadi rentan mengalami ruam karena disebabkan sistem kekebalan tubuh yang bereaksi terhadap alergen serta bahan kimia seperti neuropeptida dan neurotransmiter .

Zat kimia tersebut mengubah cara tubuh merespons berbagai fungsi. ini dapat menyebabkan peradangan, sensitivitas, dan ketidaknyamanan lainnya pada kulit. Stres ini bisa ditandai dengan kulit menjadi kemerahan seperti ruam dengan sangat gatal.

4. Penyembuhan lambat

Stres secara fisik maupun psikologis terbukti dapat berpengaruh pada proses penyembuhan luka ataupun penyakit.

Hal ini berkaitan dengan efek stres terhadap rendahnya jumlah oksigen dalam darah sehingga proses penyembuhan terhadap luka yang terjadi pada kulit seharusnya cepat mengering dan sembuh ternyata malah melambat.

5. Luka di mulut

Stres menyebabkan perubahan tubuh dalam mengatur beberapa komponen mulut seperti produksi air liur yang berperan sebagai sistem pertahanan rongga mulut. Stres juga meningkatkan risiko terjadinya lesi dan infeksi pada dinding mulut dan gusi. Luka kecil disekitaran mulut bisa menjadi peningkatan stres

6. Kulit rasa terbakar

Tanda stres kulit yaitu mengalami gatal-gatal, kemungkinan Anda sedang mengalami neurodermatitis. Neurodermatitis merupakan kondisi gatal-gatal disertai dengan sensasi terbakar pada kulit yang mana dipicu oleh stres.

7. Kulit kering

Meningkatnya hormon kortisol dalam tubuh membuat otak mengalami tekanan sehingga kulit menjadi kehilangan kemampuan untuk menjaga kelembapan alaminya serta kondisi kulit menjadi mudah kering karena mengalami stres.

sumber Referensi : Alodokter, https://journal.sociolla.com/gejala-kulit-stres/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shares
Open chat
Halo Mentor SB1MClass.net Saya ingin bertanya materi tentang ,,,